International Laboratory Acreditation Cooperation (ILAC) dimulai dengan sebuah konferensi pada tahun 1977. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kerjasama internasional dalam memfasilitasi perdagangan dengan jalan mempromosikan penerimaan hasil pengujian dan kalibrasi lembaga yang telah terakreditasi.

Pada tahun 1996, ILAC menjelma sebagai kerjasama formal untuk membangun jaringan perjanjian saling pengakuan antara badan-badan akreditasi mengarah pada tujuan ini. ILAC diresmikan ketika 44 badan nasional menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) di Amsterdam. MOU ini memberikan dasar untuk pengembangan kerjasama lebih lanjut dan pembentukan perjanjian pengakuan multilateral antara badan-badan yang menjadi anggota ILAC.

Pada 2 November 2000, 36 “anggota penuh (full member)” ILAC , yang terdiri dari badan akreditasi laboratorium di 28 negara, menandatangani perjanjian saling pengakuan (the ILAC Arrangement/ ILAC MRA) di Washington DC, untuk mempromosikan penerimaan pengujian dan kalibrasi data teknis untuk barang ekspor. Arrangement tersebut mulai berlaku pada tanggal 31 Januari 2001 dan diperluas pada bulan Oktober 2012 untuk memasukkan akreditasi lembaga inspeksi.